Minggu, 21 April 2013

True or False

Gue sebagai pelajar yang mau ngikutin UN lagi denger banyak (banget) opini tentang kesia-siaan UN ataupun kesia-siaan kita belajar selama 3 tahun.

Dan karena gue diciptain punya otak, gue mulai mengasah pikiran kritis gue. (sip). Ini pemikiran gue tentang orang-orang yang nganggep UN/belajar 3 tahun itu sia sia:

Pertama, mereka pasti tau dong ya, Surat Keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN) itu pake nilai murni semua. Kalo ijazah kita cuma pake nilai rapor misalnya, emang semua sekolah-sekolah udah pasti jujur dalam penilaiannya? Nah kalo sekolahnya 'gengsi', mereka pasti nambah-nambahin nilai muridnya. Atau istilah halusnya mah 'nolongin'.

Kedua, ada yang bilang, "negara maju aja gapake UN bisa sukses orang-orangnyanya". Sadar woyy, inget ga lo arti kedaulatan ke dalam? Gatau? Plisdeh.
Kedaulatan ke dalam adalah ketetapan pemerintah untuk mengurus urusan rumah tangga negaranya sendiri tanpa campur tangan negara lain.
Jadi maksud gue, mau negara kita ngadain UN atau ngga, ini negara kita, negara punya hak untuk mengatur kita sebagai rakyatnya. Istilahnya mah kita 'mirror' gitu, jadi liat aja diri lo sendiri sebelum liat orang lain. Manusia emang ga ada puasnya, tapi kalo kita orang yang beriman, pasti kita punya batasan tersendiri dalam menentukan 'kepuasan' kita.

Ketiga, ada juga yang bilang "ngapain kita belajar sampe tiga tahun kalo mau lulus cuma ditentuin dalam 4 hari?".
Asik banget deh yang ngomong kek gini. Pasti tiap hari dia pake kacamata kuda deh, soalnya pandangannya sempit sih. Hahahaha.
Sekarang, emang lo bisa ngehafalin materi-materi UN dengan cepat & tepat? Gue sih gabisa. Kalo jam guru fisika udah abis juga, gue langsung lupa caranya.


Terus emang udah pasti semua orang bisa ngikutin program akselerasi? Yeelah, belajar normal aja kepala udah ngebul apalagi ikut aksel? Lagian aksel sekarang paling ngebut juga cuman 2 tahun. Ketimbang beda setahun doang.
Dan, emang lo bisa baca materi-materi UN dengan sekelebat aja? Lo apalin sekarang besoknya juga udah lupa apalagi cuma dibaca-baca doang?

UNTUK ITU, pendidikan di Indonesia menetapkan pembelajaran selama 3 TAHUN untuk mendukung kita dalam mengahadapi ujian nasional.

Intinya, kita-kita yang bisa bersekolah ini harusnya bersyukur masih bisa sekolah, ngerasain yang namanya dibimbing guru, make seragam, bisa ngelirik gebetan di kelas, daaaannn masih banyak nikmatnya kalo kita sekolah. Kalo kata pacar gue yang gantengnya infinite, si aa Bisma Karisma, "selalu bersyukur."


AYO SEMANGAT UN! '-')9

Tidak ada komentar:

Posting Komentar